Ankylosaurus

Ankylosaurus adalah dinosaurus yang hidup sekitar 70 juta tahun yang lalu selama Periode Kapur. Ini pertama kali ditemukan pada tahun 1908 oleh Barnum Brown. Itu bernama Ankylosaurus-nama yang berarti “kadal menyatu”. Fosil dinosaurus ini telah ditemukan di Kanada dan bagian barat Amerika Serikat.

Ankylosaurus adalah salah satu dinosaurus lapis baja berlapis terbesar yang pernah ditemukan. Hewan ini panjangnya sekitar 30 kaki, lebar 6 kaki, tinggi 4 kaki dan beratnya sekitar 4 ton. Ini memiliki banyak piring oval besar yang menyatu dengan kulitnya yang kasar, dan lempengan ini menutupi seluruh tubuh dinosaurus ini kecuali perutnya, yang pastinya telah terpapar. Dinosaurus ini juga memiliki dua deretan lonjakan yang menyusuri tubuhnya, tanduk besar di atas kepalanya dan sebuah klub seperti ekor yang memiliki duri di atasnya. Semua armor ini diperlukan untuk melindungi dirinya dari beberapa predator puncak saat ini termasuk T Rex, Deinonychus dan Tarbosaurus. Satu-satunya cara pemangsa ini bisa melukai Ankylosaurus adalah agar mereka menyerang bagian bawah perut dinosaurus ini dimana tidak ada baju besi.

Dinosaurus ini adalah herbivora-artinya mereka memberi makan tanaman dan pepohonan. Karena giginya tidak cukup untuk menghancurkan bahan tanaman, gigi mereka cenderung lebih besar untuk melepaskan daun dari cabang. Mereka kemudian akan menggunakan fermentasi untuk memecah bahan tanaman ini dengan nyali.

Meskipun Ankylosaurus adalah makhluk lapis baja yang baik, itu juga sangat lambat. Model komputer menunjukkan bahwa makhluk ini hanya bisa bergerak sekitar 6 mil per jam, yang hanya sedikit lebih cepat daripada seekor kura-kura yang berpergian dengan kecepatan tinggi.

Fast Facts

Nama Lain:Anklyosaurus
Ditemukan di:Amerika Selatan
Panjang:9 meter
Berat:7 ton
Pemakan:Tumbuhan / Herbivora
Umur:145-65 Juta Tahun Lalu

Video


Dinosaurus Lain