Manusia Purba

Manusia purba juga disebut dengan Prehistoric People (Manusia Prasejarah) merupakan jenis manusia yang hidup pada zaman belum mengenal tulisan. Para pakar ahli sejarah sangat meyakini bahwa manusia purba telah hidup mendiami bumi ini semenjak 4 juta tahun yang lalu. Jika dilihat dari cirinya manusia purba juga mempunyai volume otakyang lebih besar dibanding manusia modern zaman sekarang.
Manusia purba hidup pada zaman dulu dan belum mengenal tulisan serta hidup dengan cara yang sangat sederhana sekali, yaitu masih sangat bergantung pada alam. Para ilmuwan sejarah di seluruh dunia sebagian besar menganut teori evolusi kera atau yang dikenal dengan teori Australopithecus yang telah punah sebagai ras nenek moyang manusia. Sebenarnya terjadi perbedaan yang sangat signifikan dan jauh sama sekali tidak ada hubungannya antara manusia dan kera. Perbedaan tersebut tidak bisa dijelaskan oleh mereka dengan mata rantai yang hilang atau dikenal dengan sebutan missing link.
Manusia purba berjenis homo sapiens dapat dianggap sebagai manusia purba yang berumur paling muda dari semua manusia purba yang ada. Dari fosil homo sapiens diperkirakan hidup antara 15.000 hingga 40.000 tahun SM. Manusia purba homo sapiens adalah satu-satunya manusia purba yang bisa berpikir. Kecerdasan tersebut dapat terlihat dari volume otak yang hampir mirip dengan manusia modern. Pada intinya manusia purba jenis ini merupakan manusia dan bukan lagi dikategorikan sebagai manusia kera.
Terdapat tiga jenis homo sapiens yang telah ditemukan di Indonesia, yaitu homo soloensis, homo wajakensis, homo floresiensi. Diantara beberapa fosil yang telah ditemukan, melahirkan sebuah perdebatan karena dianggap sebagai kerangka manusia modern dan bukan manusia purba.

Fast Facts

Nama Lain:Prehistoric People
Ditemukan di:Amerika Utara
Panjang:10 meter
Berat:2 ton
Pemakan:Tumbuhan / Herbivora
Umur:145-65 Juta Tahun Lalu

Video


Dinosaurus Lain