Velociraptor

Velociraptor adalah dinosaurus karnivora yang hidup selama Zaman Kapur – sekitar 75 juta tahun yang lalu. Spesies dinosaurus ini pertama kali ditemukan oleh Peter Kaisen di Gurun Gobi pada 11 Agustus 1923. Setahun kemudian, ia diberi nama Velociraptor. Nama ini menggabungkan kata Latin “Velox”, yang berarti cepat dan kata Latin “Raptor” yang berarti perampok.
Sementara dinosaurus ini mendapat banyak perhatian karena secara mencolok ditampilkan dalam rangkaian film Jurassic Park, para ilmuwan percaya bahwa yang dalam film tersebut memiliki kemiripan sedikit dengan yang sebenarnya hidup dalam kehidupan nyata. Dinosaurus yang digambarkan dalam film ini sebenarnya didasarkan pada Deinonychus dan Velociraptors yang tidak benar. Dalam kehidupan nyata, mereka hanya seukuran kalkun dan memiliki bulu, dan bukan dinosaurus reptil berukuran manusia yang digambarkan dalam film ini. Velociraptor rata-rata beratnya kira-kira 30 kilogram dan berdiri sedikit di atas 3 kaki tingginya.
Fakta menarik lainnya tentang dinosaurus ini adalah bahwa hal itu tidak diyakini terjadi begitu cepat seperti yang digambarkan dalam film Jurassic Park. Sebenarnya, kebanyakan ilmuwan percaya bahwa dinosaurus ini bisa berlari dengan kecepatan tertinggi sekitar 40 mil per jam. Jauh lebih lambat dari seekor cheetah (60 mph) atau singa (50 mph), meski agak sedikit lebih cepat dari manusia dengan kecepatan tinggi (28 mph).
Menurut penelitian terbaru, diyakini bahwa Velociraptor berburu dan memulung untuk hewan kecil. Makanannya kemungkinan besar terdiri dari reptil, mamalia kecil, serangga dan dinosaurus yang lebih kecil. Meski biasanya digambarkan sebagai pemburu agresif di film, kemungkinan besar itu lebih merupakan pemulung daripada pemburu.

Fast Facts

Nama Lain:Velociraptor
Ditemukan di:Amerika Utara
Panjang:10 meter
Berat:2 ton
Pemakan:Tumbuhan / Herbivora
Umur:145-65 Juta Tahun Lalu

Video


Dinosaurus Lain