image
image
Yuk mengenal

Compsognathus

Compsognathus adalah dinosaurus kecil, bipedal, karnivora. Bentuk tubuhnya yang ramping memungkinkannya berlari dengan cepat. Hanya dua spesimen yang ditemukan. Gigi yang ditemukan di Portugal mungkin merupakan fosil sisa genus. Kepala runcing Compsognathus hanya tiga inci panjangnya. Ekornya lebih panjang dari kepala, leher, dan tubuh disatukan.

Banyak presentasi masih menggambarkan Compsognathus sebagai dinosaurus berukuran ayam seukuran spesimen Jerman, yang sekarang diyakini merupakan spesies muda spesimen Prancis yang lebih besar, dan sebenarnya tumbuh seukuran kalkun. Diet ini diketahui dengan pasti: sisa-sisa kadal kecil dan tangkas diawetkan di perut kedua spesimen tersebut.

Kemungkinan besar tinggal bersama spesies stegosaurus yang berbeda, sauropoda, dan juga mungkin memangsa magalago besar karnivora. Meskipun tidak dikenali pada saat penemuannya, Compsognathus adalah dinosaurus pertama yang diketahui dari kerangka yang cukup lengkap.

Sampai tahun 1980an dan 1990an, Compsognathus adalah dinosaurus terkecil yang diketahui dan yang paling dekat dengan perkiraan burung purba Archaeopteryx. Selama hampir satu abad, Compsognathus adalah satu-satunya theropoda kecil yang terkenal.

Hal ini menyebabkan perbandingan dengan Archaeopteryx dan saran hubungan dengan burung. Kedua theropoda ini memiliki banyak kesamaan dalam bentuk, ukuran dan proporsi, sehingga banyak fakta bahwa kerangka seekor Archaeopteryx yang tidak berbulu selama bertahun-tahun salah diidentifikasi sebagai Compsognathus. Banyak dinosaurus lainnya, seperti dromeosaurids yang diketahui berhubungan dengan burung.

Fact Sheet

Nama Lain

Compsognathus

Ditemukan di

Amerika Utara

Panjang

10 meter
Berat
2 ton
Pemakan
Tumbuhan / Herbivora

Umur

145-65 Juta Tahun Lalu