image
image
Yuk mengenal

Parasaurolophus

Parasaurolophus adalah dinosaurus yang hidup sekitar 76 juta tahun yang lalu selama Zaman Kapur Akhir. Ini pertama kali ditemukan pada tahun 1922 di Alberta, Kanada oleh Dr. William A. Parks. Dia menamakannya Parasaurolophus, sebuah nama yang berarti “kadal jambul”. Sebuah nama yang diberikannya pada binatang itu karena tonjolan tulangnya yang luar biasa yang ada di atas kepalanya.

Fosil dinosaurus ini tidak hanya ditemukan di Kanada, namun juga ditemukan di beberapa bagian Utah dan New Mexico. Dinosaurus ini diperkirakan panjangnya sekitar 40 kaki, tinggi 8 kaki di pinggul dan beratnya sekitar 2 ton. Puncak kurus di atas kepalanya diyakini tumbuh sepanjang 6 kaki panjangnya. Beberapa ilmuwan percaya bahwa udara bisa didorong melalui puncak ini dan memungkinkan dinosaurus ini membuat suara dengan frekuensi rendah.

Ini berarti bisa menggunakannya seperti instrumen angin kayu. Sebenarnya, kanal yang ada di dalamnya terlihat sangat mirip dengan Crumhorn Eropa. Hal ini juga diyakini bahwa dinosaurus ini tidak hanya menempuh keempat kakinya namun juga bisa berjalan dengan dua kaki bila diperlukan.

Parasaurolopus diyakini telah menjadi herbivora berbasis lahan. Ini berarti bahwa makanannya mungkin terdiri dari ginkos, jarum pinus dan daun. Sementara kecerdasan yang tepat dari dinosaurus ini tidak dapat ditentukan secara akurat, banyak ilmuwan percaya bahwa ia memiliki kecerdasan rata-rata di antara dinosaurus lainnya pada masanya. Sebagai contoh, diyakini bahwa itu tidak secerdas Carnosaurs, tapi itu sama bodohnya dengan Stegosaurus. Dinosaurus ini juga diyakini telah menjadi hewan ternak – sama seperti kerbau.

Fact Sheet

Nama Lain
Parasaurolophus

Ditemukan di

Amerika Utara

Panjang

10 meter
Berat
2 ton
Pemakan
Tumbuhan / Herbivora

Umur

145-65 Juta Tahun Lalu